Wagub NTB Tekankan Bekerja Mengacu Data

Primary tabs

Wakil Gubernur NTB DR. Hj. Sitti Rohmi Djalilah menekankan pentingnya bekerja mengacu kepada sumber data yang jelas dan benar serta lengkap. Hal ini diungkapkannya di kantor Gubernur, Senin (04/02).

Acuan data yang benar dan lengkap menjadi sumber utama dalam pengambilan keputusan, terutama di lingkup pemerintahan. Terlebih NTB saat ini menuju satu data Indonesia Per April 2019. Untuk menuju NTB satu data ini, dibutuhkan data yang akurat.

‘’Data ini sangat penting. Karena memang masalah data tidak bisa dipandang sebelah mata. Percuma buat rencana bagus kalau pijakan data tidak lengkap dan bagus,’’ ungkapnya.

Wagub Umi Rohmi juga menekankan agar persoalan data ini harus benar- benar diperhatikan dengan baik. “Jadi bagaimana kita harus punya data yang lengkap untuk menjadi acuan kita bekerja. Banyak data yang tidak semua orang mengetahuinya. Kita biasakan kedepan bekerja by data dan harus ada sumber data yang jelas,’’ terangnya.

Dikesempatan yang sama, Dinas Kominfotik NTB bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) NTB sebagai penyedia data akan bekerja maksimal untuk menghimpun semua data yang dibutuhkan menuju NTB Satu Data.

Kepala Dinas Kominfotik NTB Tri Budiprayitno mengatakan, untuk NTB menuju satu data Indonesia per April 2019. Pihaknya meminta waktu satu bulan untuk membuat sebuah aplikasi basis data yang dihimpun dari semua OPD. Sebelumnya juga Gubernur telah memberikan arahan untuk membuat semacam dashboard yang bisa digunakan sebagai penilaian kinerja OPD pertriwulan.

‘’Kami akan membuatkan aplikasi tersendiri menuju NTB satu data. Karena kalau kita menunggu dari BPS belum tentu bulan April ada. Kami juga akan lakukan konsultasi dengan semua OPD dalam hal data ini. Karena memang ketersediaan data di OPD belum cukup kuat merespon keinginan kita,’’ jelas Kadis yang akrab disapa Pak Yiyit ini.

Dengan mengacu data ini, diharapkan semua pekerjaan bisa lebih baik dan mampu meningkatkan kualitas serta kinerja semua organisasi pemerintahan. (luk/tim media)

Error | Satu Data NTB
The website encountered an unexpected error. Please try again later.