Konsep : [K00614] Instansi Pemerintah, [K01860] Reformasi Birokrasi (RB), [K01576] Pengukuran Indeks Reformasi Birokrasi (RB)
Definisi : Skor yang diperoleh pemerintah daerah berdasarkan hasil evaluasi pelaksanaan program dan kebijakan reformasi birokrasi oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) berdasarkan komponen.
Tujuan evaluasi untuk menilai kemajuan pelaksanaan Reformasi Birokrasi (RB) dalam rangka mencapai sasaran “Terciptanya tata kelola pemerintahan digital yang efektif, lincah, dan kolaboratif” serta “Terciptanya budaya birokrasi BerAKHLAK dengan ASN yang profesional”. Selain itu, evaluasi ini juga bertujuan untuk memberikan saran perbaikan dalam rangka meningkatkan kualitas RB di lingkungan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat.
Komponen Penilaian di Tahun 2020-2022 berbeda dengan komponen penilaian di Tahun 2023 dst.
Komponen Penilaiain untuk Tahun 2020-2022 terdiri dari 2 komponen utama yaitu Komponen Pengungkit dan Komponen Hasil dengan total 7 sub-komponen. Masing-masing komponen dan sub-komponen tersebut memiliki bobot tersendiri dengan rincian sebagai berikut:
1. Komponen Pengungkit dengan bobot 60% terdiri dari 3 sub komponen yaitu:
a. Pemenuhan dengan Bobot 20%
b. Hasil Antara Area Perubahan dengan Bobot 10%
c.Reform dengan Bobot 30%
2. Komponen Hasil dengan bobot 40% terdiri dari 4 sub komponen yaitu:
a. Akuntabilitas Kinerja dan Keuangan dengan bobot 10%
b. Kualitas Pelayanan Publik dengan bobot 10%
c. Pemerintah yang Bersih dan Bebas KKN dengan bobot 10%
d. Kinerja Organisasi dengan bobot 10%
Sedangkan komponen penilaian untuk Tahun 2023 dst. adalah sebagai berikut:
1. RB General dengan bobot 100
2. RB Tematik dengan bobot 20
Kategori yang didapatkan berdasarkan nilai RB yang diperoleh, yaitu :
# | Kode Provinsi Kabupaten Kota | Nama Provinsi Kabupaten Kota | Komponen Penilaian | Bobot | Nilai (Poin) | Tahun |
---|---|---|---|---|---|---|
# | Kode Provinsi Kabupaten Kota | Nama Provinsi Kabupaten Kota | Komponen Penilaian | Bobot | Nilai (Poin) | Tahun |
1 | 52 | Nusa Tenggara Barat | RB General | 100 | 68.80 | 2024 |
2 | 52 | Nusa Tenggara Barat | RB Tematik | 20 | 9.19 | 2024 |
3 | 52 | Nusa Tenggara Barat | RB General | 100 | 62.49 | 2023 |
4 | 52 | Nusa Tenggara Barat | RB Tematik | 20 | 6.24 | 2023 |
5 | 52 | Nusa Tenggara Barat | Pemenuhan | 20 | 14.05 | 2022 |
6 | 52 | Nusa Tenggara Barat | Hasil Antara Area Perubahan | 10 | 6.58 | 2022 |
7 | 52 | Nusa Tenggara Barat | Reform | 30 | 15.47 | 2022 |
8 | 52 | Nusa Tenggara Barat | Akuntabilitas Kinerja Dan Keuangan | 10 | 8.09 | 2022 |
9 | 52 | Nusa Tenggara Barat | Kualitas Pelayanan Publlik | 10 | 8.47 | 2022 |
10 | 52 | Nusa Tenggara Barat | Pemerintah Yang Bersih Dan Bebas KKN | 10 | 8.11 | 2022 |
11 | 52 | Nusa Tenggara Barat | Kinerja Organisasi | 10 | 6.25 | 2022 |
12 | 52 | Nusa Tenggara Barat | Pemenuhan | 20 | 15 | 2021 |
13 | 52 | Nusa Tenggara Barat | Hasil Antara Area Perubahan | 10 | 6.07 | 2021 |
14 | 52 | Nusa Tenggara Barat | Reform | 30 | 15.76 | 2021 |
15 | 52 | Nusa Tenggara Barat | Akuntabilitas Kinerja Dan Keuangan | 10 | 7.80 | 2021 |
16 | 52 | Nusa Tenggara Barat | Kualitas Pelayanan Publlik | 10 | 8.54 | 2021 |
17 | 52 | Nusa Tenggara Barat | Pemerintah Yang Bersih Dan Bebas KKN | 10 | 7.47 | 2021 |
18 | 52 | Nusa Tenggara Barat | Kinerja Organisasi | 10 | 5.12 | 2021 |
19 | 52 | Nusa Tenggara Barat | Pemenuhan | 20 | 14.79 | 2020 |
20 | 52 | Nusa Tenggara Barat | Hasil Antara Area Perubahan | 10 | 5.17 | 2020 |
21 | 52 | Nusa Tenggara Barat | Reform | 30 | 15.66 | 2020 |
22 | 52 | Nusa Tenggara Barat | Akuntabilitas Kinerja Dan Keuangan | 10 | 7.90 | 2020 |
23 | 52 | Nusa Tenggara Barat | Kualitas Pelayanan Publlik | 10 | 8.93 | 2020 |
24 | 52 | Nusa Tenggara Barat | Pemerintah Yang Bersih Dan Bebas KKN | 10 | 9.25 | 2020 |
25 | 52 | Nusa Tenggara Barat | Kinerja Organisasi | 10 | 3.84 | 2020 |
26 | 52 | Nusa Tenggara Barat | Manajemen Perubahan | 5 | 2.11 | 2019 |
27 | 52 | Nusa Tenggara Barat | Penataan Peraturan Perundang-undangan | 5 | 2.71 | 2019 |
28 | 52 | Nusa Tenggara Barat | Penataan Dan Penguatan Organisasi | 6 | 2.07 | 2019 |
29 | 52 | Nusa Tenggara Barat | Penataan Tatalaksana | 5 | 2.78 | 2019 |
30 | 52 | Nusa Tenggara Barat | Penataan Sistem Manajemen SDM | 15 | 10.99 | 2019 |
31 | 52 | Nusa Tenggara Barat | Penguatan Akuntabilitas | 6 | 3.41 | 2019 |
32 | 52 | Nusa Tenggara Barat | Penguatan Pengawasan | 12 | 6.33 | 2019 |
33 | 52 | Nusa Tenggara Barat | Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik | 6 | 3.25 | 2019 |
34 | 52 | Nusa Tenggara Barat | Nilai Akuntabilitas Kinerja | 14 | 8.75 | 2019 |
35 | 52 | Nusa Tenggara Barat | Nilai Kapasitas Organisasi | 6 | 3.77 | 2019 |
36 | 52 | Nusa Tenggara Barat | Nilai Persepsi Korupsi | 7 | 6.53 | 2019 |
37 | 52 | Nusa Tenggara Barat | Opini BPK | 3 | 3 | 2019 |
38 | 52 | Nusa Tenggara Barat | Nilai Kualitas Pelayanan Publik | 10 | 8.60 | 2019 |