Diskominfotik NTB Gelar Rapat Konsolidasi NTB Satu Data 2022

Primary tabs

Mataram—Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi NTB menggelar Rapat Konsolidasi NTB Satu Data 2022 dalam rangka Perencanaan Program Kebijakan Berbasis Data untuk NTB Gemilang dan Indonesia Emas tahun 2045, Selasa (18/10).

Mewakili Kadis Kominfotik NTB, Hj. Erni Suryani, S.Sos, MM selaku Sekretaris Diskominfotik NTB mengungkapkan bahwa Rapat Konsolidasi tersebut sangat penting untuk meningkatkan capaian data dan meningkatkan koordinasi dengan seluruh pihak penyelenggara NTB Satu Data.

“Tentunya Rapat ini memberikan peranan untuk kita meningkatkan capaian data dan meningkatkan koordinasi nanti dengan semua pihak penyelenggaraan NTB Satu Data. BPS Provinsi NTB selaku wali data, BAPPEDA selaku koordinator forum data dan OPD lingkup Pemprov NTB selaku penghasil data,” katanya di Meeting Room Nirwana Water Park.

Ia juga berharap dengan adanya Rakon NTB Satu Data 2022, presentase data sektoral terintegrasi NTB di tahun 2022 dapat meningkat, serta tersusunnya pra usulan data sektoral 2023 dan metadata statistik 2022.

“Ini tentu kita menginginkan output daripada rapat ini adalah untuk meningkatnya presentase data sektoral terintegrasi di tahun 2022 pada portal NTB Satu Data. Yang kedua, untuk menyusun pra usulan data sektoral tahun 2023 yang akan datang. Yang ketiga, tentunya tersusunnya meta data statistik di tahun 2022 ini,” jelas Sekdis kepada seluruh peserta rapat.

Hadir sebagai pemateri pada Rakon tersebut, yaitu I Putu Dyatmika yang memaparkan mengenai Metadata Statistik dan Lalu Yuriade Mulana menjelaskan tentang Penginputan Data secara teknis. Kedua pemateri tersebut merupakan Statistisi Ahli Muda dari Badan Pusat Statistik Provinsi NTB. Adapun peserta rapat terdiri dari para pengentry data OPD lingkup Pemprov NTB pada portal NTB Satu Data.