Peran Diskominfotik di Era Digital Kian Penting

Primary tabs

Mataram - Empat urusan utama Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik (Diskominfotik) dalam era informasi dan digitalisasi menjadikan perannya sangat penting.

"Tugasnya sangat berat. Mengkolaborasikan komunikasi, informasi, sandi dan statistik membuat dinas ini bukan dinas kelas dua", ujar Kepala Dinas Kominfotik NTB, Dr Najamudin Amy saat membuka rapat koordinasi Diskominfotik se NTB di Hotel Grand Legi, Selasa (12/10).

Dikatakannya, di urutan pertama adalah pelaksanaan indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang selalu dinilai pemerintah pusat setiap tahunnya, lalu data sektoral yang nantinya terintegrasi dengan Indonesia Satu Data dan indeks keamanan informasi serta keterbukaan informasi yang seluruh nilainya berada di posisi yang baik.

"Indeks SPBE kita di angka tiga dari penilaian satu sampai lima kemudian pengumpulan data kita sudah melampaui target seratus persen dari delapan puluh persen pada Desember depan. Sedangkan indeks keamanan informasi kita di level dua plus dari tertinggi tiga plus dan indeks keterbukaan informasi yang berstatus informatif", jelas Najam.

Untuk itu, peran Diskominfotik kabupaten/ kota sangat dibutuhkan dalam rangka kolaborasi dan sinergi.

Senada dengan itu, staf ahli bidang pemerintahan dan pelayanan publik, H Abdul Aziz mewakili Wakil Gubernur mengatakan, peran penting Diskominfotik di era informasi tidak hanya memastikan masyarakat memperoleh informasi yang membangun namun juga menyediakan basis data yang dibutuhkan dalam memutuskan kebijakan arah pembangunan.

"Indikator indikator pembangunan seperti angka kemiskinan, IPM dan lain lain harus dapat dipertanggungjawabkan dan dikomunikasikan ke masyarakat oleh penyelenggara pemerintahan dalam hal ini kepala daerah dan dinas Kominfotik", tutupnya. (Diskominfotik)

Sumber : https://diskominfotik.ntbprov.go.id/post/peran-diskominfotik-di-era-digi...