Undang Diskominfo dan Bappeda Kabupaten/Kota dalam Rapat Sinkronisasi Data, Diskominfotik NTB Bahas Integrasi Portal

Primary tabs

Diskominfotik Provinsi NTB mengundang Diskominfo dan BAPPEDA Kabupaten/Kota se-Provinsi NTB dalam Rapat Sinkronisasi Data pada hari Selasa, 21 Maret 2023 di Nirwana Mataram. Dalam rapat tersebut, dibahas berbagai hal yang berkaitan dengan tata kelola data seperti integrasi portal serta kebutuhan data SDGs dan data pada aplikasi e-walidata.

Pada Tahun 2022, Diskominfotik telah mengadakan rapat serupa dan menghimbau kabupaten/kota untuk mengembangkan portal data menggunakan sistem yang diterapkan pada portal Satu Data Indonesia di tingkat pusat untuk mempermudah proses integrasi. Sebagai tindak lanjut, Diskominfotik Provinsi NTB berencana mengintegrasikan portal NTB Satu Data dengan portal data kabupaten/kota pada tahun 2023. Kabupaten/kota yang telah menggunakan sistem serupa akan diprioritaskan untuk integrasi.

Integrasi portal akan mempermudah proses berbagipakai data antar instansi. Kepala Bidang Statistik Diskominfotik NTB, Rahmadin, S.Pt., M.M. menyampaikan bahwa portal NTB Satu Data diharapkan dapat memuat data dari kabupaten/kota se-Provinsi NTB.

Rapat tersebut juga menghadirkan Bappeda Provinsi NTB sebagai narasumber yang menyampaikan materi terkait kebutuhan data. Diskominfo dan Bappeda kabupaten/kota diharapkan dapat terus berkoordinasi dalam memenuhi kebutuhan data perencanaan seperti data SDGs dan data pada aplikasi e-walidata.