Rapat Kondolidasi NTB Satu Data, Dr. Najam : Peranan Pengentri Data OPD Dorong Capaian NTB Satu Data di Tingkat Nasional

Primary tabs

Kamis, 20 Juli 2023, Diskominfotik Provinsi NTB menyelenggarakan Rapat Konsolidasi Data sebagai upaya peningkatan penyelenggaraan data sektoral. Dalam rapat yang diselenggarakan di Nirwana Waterpark Mataram tersebut, hadir admin pengentri data dari setiap OPD lingkup Pemprov NTB.

Rapat tersebut dibuka oleh Sekretaris Dinas Kominfotik, Hj. Erni Suryani, S.Sos. dan dipandu oleh Kepala Bidang Statistik, Drs. H. L. Sastrawiria, M.M. sebagai moderator. Kepala Dinas Kominfotik NTB, Dr. Najamuddin Amy, S.Sos., M.M. turut hadir dalam rapat tersebut dan menyampaikan materi bertemakan ‘’Membangun NTB Satu Data yang Lebih Inovatif”.

Dr. Najam memaparkan bahwa NTB Satu Data terus meraih berbagai capaian seperti 10 besar hasil assessment Sekretariat Satu Data Indonesia 2022, meraih poin maksimal pada Innovative Government Awards 2023, hingga menjadi salah satu perwakilan Indonesia dalam Open Government Partnership tingkat Internasional. Dr. Najam mengungkapkan admin pengentri data merupakan salah satu pihak yang berperan penting dalam mendorong capaian-capaian tersebut karena yang menjadi tujuan utama pengunjung portal NTB Satu Data adalah data yang bersumber dari OPD.

Salah satu capain yang hendak ditingkatkan oleh Diskominfotik untuk kedepannya adalah Indeks Pembangunan Statistik (IPS). Karena itu, turut hadir juga L. Kherli Kusnendar dari BPS Provinsi NTB yang memaparkan tata cara penyusunan metadata sebagai salah satu indikator penilaian IPS.