Revisions allow you to track differences between multiple versions of your content, and revert back to older versions.

Dinas LHK Provinsi NTB

Penyelenggara kegiatan dibidang Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang merupakan urusan Pemerintah Provinsi dan tugas pembantuan yang
diberikan pemerintah kepada Gubernur serta tugas dekonsentrasi serta tugas lain sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan oleh Gubernur
berdasarkan peraturan perundang-undangan.

License

Other (Public Domain)

Other Access

The information on this page (the dataset metadata) is also available in these formats.

JSON RDF

via the DKAN API

Data Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH) Provinsi NTB

Data ini berisi informasi mengenai Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH) sebagai indikator kinerja pengelolaan lingkungan hidup secara nasional dapat digunakan sebagai bahan informasi dalam mendukung proses pengambilan kebijakan yang berkaitan dengan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

Kriteria yang digunakan untuk menghitung IKLH adalah : (1) Kualitas Air; (2) Kualitas Udara; dan (3) Kualitas Tutupan Lahan. Untuk tahun 2018, perhitungan IKLH tetap mengacu pada penghitungan yang telah digunakan tahun sebelumnya. Dalam perhitungan IKLH 2018 terdapat 2 komponen indeks yang disempurnakan yaitu Indeks Kualitas Air (IKA) dan Indeks Kualitas Tutupan Lahan (IKTL). Pada komponen IKA, jumlah parameter yang digunakan bertambah menjadi 10 parameter, yaitu DO, Fecal Coliform, COD, pH, BOD, NH3-N, TP, TSS, NO3-N, dan TDS dengan perhitungan berdasarkan bobot dan transformasi nilai sub-indeks parameter kualitas air yang ditetapkan dalam metode Indeks Kualitas Air modifikasi Indonesia. Sementara pada komponen IKTL, parameter yang dinilai kembali hanya memperhitungkan tutupan lahan berupa tutupan hutan dengan menambahkan tutupan belukar dan belukar rawa pada kawasan hutan, dan kawasan yang memiliki fungsi lindung (lereng dengan kemiringan >25% dan sempadan sungai, danau, pantai), ruang terbuka hijau, kebun raya dan taman keanekaragaman hayati. Kemudian untuk indeks kualitas udara (IKU), parameter yang diukur tetap, yaitu SO2 dan NO2. Variabel data meliputi :

  1. Indikator yaitu jenis indikator yang diukur nilainya terdiri dari Indeks Kualitas Air (IKA), Indeks Kualitas Udara (IKU), Indeks Kualitas Tutupan Lahan (IKTL) dan Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH)
  2. Nilai Nasional yaitu nilai tiap indikator untuk tingkat Nasional
  3. Nilai NTB yaitu nilai tiap indikator untuk Provinsi NTB
  4. Nilai Tertinggi yaitu nilai tertinggi tiap indikator untuk 34 Provinsi
  5. Nilai Terendah yaitu nilai terendah tiap indikator untuk 34 Provinsi

Data and Resources

FieldValue
Publisher
Modified
2023-07-17
Release Date
2019-11-26
Frequency
Annually
Identifier
f7042308-aa43-46fd-a94d-5ca453c659b5
Language
Indonesian (Indonesia)
License
Other (Public Domain)
Public Access Level
Public