Finalisasi Penilaian Mandiri EPSS, Penguatan Regulasi Mantapkan Bukti Dukung NTB Satu Data

Primary tabs

Finalisasi Penilaian Mandiri EPSS, Penguatan Regulasi Mantapkan Bukti Dukung NTB Satu Data

Tim Penilai Internal (TPI) Provinsi NTB pada kegiatan Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) tahun 2023 telah melaksanakan pengumpulan bukti dukung untuk penilaian NTB Satu Data. Sehubungan dengan hal tersebut, BPS Provinsi NTB mengundang TPI serta OPD yang menjadi sample penilaian dalam Rapat Finalisasi Penilaian Mandiri EPSS 2023 pada tanggal 27 Juni 2023 di kantor BPS Provinsi NTB.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala BPS Provinsi NTB, Drs. Wahyudin, M.M. Dalam sambutannya, Drs. Wahyudin menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah di Provinsi NTB, baik Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Kabupaten/Kota diharapkan dapat memperoleh nilai optimal pada penilaian EPSS tahun ini.

Selanjutnya, TPI yang terdiri dari Diskominfotik Provinsi NTB dan BAPPEDA Provinsi NTB menyampaikan hasil pengumpulan bukti dukung. L. Miftahul Ulum, Kepala Bidang Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, sebagai perwakilan dari TPI mengungkapkan bahwa EPSS merupakan hal yang baru dan dapat menjadi dorongan bagi pemerintah daerah untuk terus membenahi tata kelola data sektoral.

Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi finalisasi bukti dukung EPSS. Bukti dukung tersebut sebelumnya telah dihimpun oleh Dadang Efendi, S.Sos., Fungsional Statistisi Ahli Muda pada Diskominfotik beserta tim. Penguatan NTB Satu Data dari segi regulasi, khususnya SOP diharapkan dapat mendorong tercapainya nilai yang tinggi pada Indeks Pembangunan Statisik (IPS) bagi Pemerintah Provinsi NTB.