Gelar Rapat Diseminasi, Kadis Kominfotik Bahas Perkembangan NTB Satu Data dari Tahun ke Tahun

Primary tabs

Gelar Rapat Diseminasi, Kadis Kominfotik Bahas Perkembangan NTB Satu Data dari Tahun ke Tahun

Kebijakan NTB Satu Data telah dirintis sejak tahun 2016 dan telah banyak perkembangan yang dilakukan dari tahun ke tahun. Begitu juga di tahun 2022 ini, banyak capaian yang diraih NTB Satu Data mulai dari integrasi dengan portal data SDI Pusat, skor hasil assesment SDI di atas rata-rata nasional, hingga kepesertaan pada KIPP dan IGA 2022.

Dalam rangka diseminasi capaian-capaian tersebut, Diskominfotik menyelenggarakan Rapat Diseminasi NTB Satu Data pada hari Rabu, 16 November 2022 di Hotel Santika Mataram. Berbagai instansi menghadiri kegiatan tersebut, mulai dari OPD Pemprov NTB, Diskominfo kabupaten/kota se-Provinsi NTB, hingga LSM.

Kepala Dinas Kominfotik Provinsi NTB, Baiq Nelly Yuniarti, AP, M.Si. membuka rapat dan menyampaikan progres NTB Satu Data dari tahun ke tahun sejak awal dirintis hingga kondisi terkini. Disampaikan pula rencana pengembangan NTB Satu Data kedepannya.

Perencana Ahli Madya BAPPEDA Provinsi NTB, Hj. Suryani Eka Wijaya, ST., MBA., P.hD. juga menjadi narasumber dalam kegiatan rapat tersebut. Beliau memaparkan penguatan kolaborasi daerah untuk NTB Satu Data yang Berkualitas. Data, informasi dan pengetahuan merupakan bahan identifikasi masalah yang berguna bagi perumusan kebijakan sehingga tata kelola NTB Satu Data harus mampu menghasilkan data yang valid.

Tidak ketinggalan, Statistisi Ahli Muda BPS Provinsi NTB, Lalu Yuriade Mulana, S.ST. M.E. juga menyampaikan peran BPS dalam pengembangan NTB Satu Data. Selain itu, beliau juga mensosialisasikan Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) bagi pemerintah daerah.

Setelah sesi pemaparan narasumber, kegiatan dilanjutkan dengan diskusi guna mendapatkan saran dan masukan untuk pengembangan penyelenggaraan statistik sektoral di Provinsi NTB baik pada lingkup Pemprov, Pemkab, maupun Pemkot.