Kadis Kominfotik NTB Paparkan Peran Statistik Sektoral pada Kuliah Umum FMIPA Unram

Primary tabs

Kadis Kominfotik NTB Paparkan Peran Statistik Sektoral pada Kuliah Umum FMIPA Unram

Mataram - Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi NTB Dr. Najamuddin Amy, MM memberikan kuliah umum di Aula Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Mataram (FMIPA Unram). Kuliah umum tersebut, dilaksanakan sebagai rangkaian dari perjanjian kerja sama antara Kominfotik Provinsi NTB dan FMIPA Unram (27/2/2024).

Adapun tujuan dari kuliah umum untuk memberikan motivasi kepada mahasiswa FMIPA tentang pentingnya statistik dalam konteks pemerintahan, khususnya di tingkat daerah, seperti provinsi dan kabupaten/kota.

"Sejak Januari 2017 yang lampau, Pemerintah Provinsi NTB menetapkan Perda kemudian Pergub Perangkat Daerah. Bidang Statistik menjadi salah satu bidang dari enam urusan atau enam bidang di bawah Diskominfotik," terang Doktor Najam, saat memberikan paparan kuliah umum di hadapan para mahasiswa.

Dirinya menambahkan statistik telah menjadi bagian integral dari urusan pemerintah daerah, begitu pula bagi Pemerintah Provinsi NTB. Selama kuliah umum, dirinya berdialog dengan mahasiswa membahas peluang karir di pemerintahan bagi lulusan FMIPA. Dijelaskannya, optimis lulusan FMIPA memiliki peluang besar di masa depan, terutama mengingat kebutuhan pemerintah daerah dalam pengolahan statistik sektoral.

"Kebutuhan sumber daya manusia yang ahli statistik masih tinggi secara nasional. Hampir setiap instansi memerlukan tenaga ahli pada aspek statistik," tuturnya.

Acara berlangsung semarak dengan beberapa guyonan terlontar dalam diskusi. Pada akhir acara, pihak fakultas, dalam hal ini Wakil Dekan FMIPA Unram menyampaikan cinderamata. Acara ditutup dengan berswafoto bersama. (ssn/mio/kominfotikntb)