Rapat Finalisasi Penilaian EPSS, Kadis Kominfotik : Diperlukan Evaluasi Berkala pada Capaian NTB Satu Data

Primary tabs

Rapat Finalisasi Penilaian EPSS, Kadis Kominfotik : Diperlukan Evaluasi Berkala pada Capaian NTB Satu Data

Dalam rangka Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) yang dilaksanakan secara serentak pada seluruh pemerintah daerah di Indonesia, perlu dilakukan penilaian oleh tim penilai internal (TPI) Pemda bersama tim penilai badan (TPB) dari BPS. TPI dan TPB Pemerintah Provinsi NTB telah melakukan penilaian awal beserta pengumpulan bukti dukung. Guna melakukan finalisasi penilaian tersebut, BPS Provinsi NTB mengundang seluruh anggota TPI dan TPB Provinsi NTB dalam Rapat Finalisasi Penilaian EPSS pada Hari Selasa, 20 Desember 2022 di Hotel Aruna Senggigi, Lombok Barat.

Rapat tersebut dihadiri oleh Kadis Kominfotik NTB, Baiq Nelly Yuniarti, AP, M.Si, Kepala Bidang Statistik, Rahmadin, S.Pt, M.M., beserta staf yang tergabung sebagai anggota TPI. Baiq Nelly Yuniarti juga menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut dan memaparkan pentingnya penilaian EPSS sebagai tolak ukur pembangunan statistik sektoral.

Disampaikan oleh Baiq Nelly Yuniarti bahwa tata kelola statistik sektoral di NTB melalui NTB Satu Data telah mengalami berbagai perkembangan. Untuk mengukur capaian NTB Satu Data, diperlukan evaluasi secara berkala baik di lingkup internal Diskominfotik maupun oleh instansi pusat, seperti yang dilakukan pada EPSS.

Di samping EPSS, NTB Satu Data juga telah menyelesaikan assesment oleh Sekretariat Satu Data Indonesia (SDI) pada November lalu. Hasil assesment SDI direncanakan akan diumumkan pada acara grand launching portal Satu Data Indonesia di akhir Desember ini.