Rapat Klinis Metadata, Langkah Diskominfotik Penuhi Indikator Kualitas Data

Primary tabs

Selasa (22/08) Diskominfotik Provinsi NTB menyelenggarakan Rapat Klinis Penyusunan Metadata bersama admin pengentri data lingkup Pemerintah Provinsi NTB. Metadata yang disusun adalah metadata indikator dan metadata variabel yang merupakan tindak lanjut dari metadata kegiatan yang telah disusun sebelumnya. Hal tersebut merupakan langkah Diskominfotik untuk melengkapi indiaktor kualitas data sesuai dengan Peraturan Presiden No 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia.

Kepala Bidang Statistik, Drs. H. Lalu Sastrawiria, M.M. membuka kegiatan rapat klinis. Beliau menyampaikan bahwa penyusunan metadata merupakan langkah awal agar data yang tersedia dalam portal NTB Satu Data menjadi data yang berkualitas dan mudah digunakan untuk kebutuhan analisis.

Kegiatan tersebut turut didampingi oleh BPS Provinsi NTB selaku Pembina Data Statistik. I Putu Dyatmika, S.ST. beserta tim menyampaikan tata cara penyusunan metadata indikator dan metadata variabel. Selain penyusunan metadata, dibahas pula progres pengumpulan data di masing-masing OPD agar data pada portal NTB Satu Data tetap update sesuai data terkini.