Siapkan Tata Kelola Data 2024, Diskominfotik Adakan FGD

Primary tabs

Siapkan Tata Kelola Data 2024, Diskominfotik Adakan FGD

Menjelang akhir tahun 2023, Diskominfotik Provinsi NTB merencanakan penguatan-penguatan kegiatan NTB Satu Data pada tahun berikutnya. Untuk mewujudkan hal tersebut, pada tanggal 31 Oktober 2023 diselenggarakan FGD Tata Kelola NTB Satu Data 2024 di kantor Diskominfotik Provinsi NTB. Sebagai bahan penyusunan kebijakan terkait NTB Satu Data, Diskominfotik Provinsi NTB selaku walidata sektoral menghimpun saran dan masukan dari peserta rapat di antaranya; BAPPEDA, BPS, BKD, BPSDMD dan BPKAD Provinsi NTB.

Kegiatan FGD dibuka dan dipandu oleh Kepala Bidang Statistik Diskominfotik, Drs. H. L. Sastrawiria, M.M.

“Perlu adanya usaha bersama dalam mengentaskan permasalahan yang dihadapi dalam penyelenggaraan NTB Satu Data mulai dari tahap perencanaan, pengumpulan data, pemeriksaan data hingga penyebarluasan data.” Ujar Lalu Sastrawiria.

Hal senada juga diungkapkan oleh Kepala Bidang PTIK Diskominfotik, Yasrul, S.Kom., M.Eng. yang turut hadir dalam FGD. Beliau menyampaikan bahwa salah satu hal penting dalam tata kelola data sektoral adalah menjadikan NTB Satu Data sebagai instrumen tunggal untuk digunakan bersama oleh seluruh pihak terkait.

Upaya bersama tersebut didukung oleh peserta rapat yang menyampaikan saran dan masukan sesuai peran masing-masing instansi. Dengan demikian, penguatan NTB Satu Data pada tahun 2024 dapat dilakukan melalui berbagai sisi baik dari segi kelembagaan, kualitas data, hingga SDM yang mumpuni untuk melaksanakan tata kelola data.